DASAR DASAR VIBRATO

emmm...  vibra..vibrato.. apa an sih sebenernya vibrato itu?

        Pastinya sudah kita ketahui bahwa vibra dalam istilah musik berarti suara yang bergetar. Apa hubungan nya vibrasi dengan permainan biola? pastinya berhubungan dengan suara yang dihasilkan biola tu sendiri dan bagaimana suara vibra itu dihasilkan. Nah, kali ini saya akan berbagi sedikit mengenai teknik menggetarkan nada atau yang biasa disebut dengan Teknik Vibrato. 

         Sepertia alat alat musik gesek ataupun alat musik yang berdawai lainnya, biola juga dapat dimainkan dengan teknik vibrato. Dengan menggunakan teknik ini suara yang dihasilkan akan memiliki getaran yang memberikan kesan tertentu disetiap permain. Bagi pemain yang sudah mahir dalam bermain biola biasanya mereka sudah mengetahui teknik selur dan teknik vibrato, dan pada setiap permainannya selalu mengkolaborasikan dua teknik ini secara bergantian. Mengapa harus teknik selur dan vibrato? karena dua teknik ini adalah teknik dasar yang harus dikuasai pemain sebelum berkembang keteknik-teknik lainnya.

      Cara bermain dengan teknik vibrato ini dilakukan dengan menekan nada pada salah satu senar, kemudian geser maju mundur dengan sangat cepat sehingga menimbulkan suara yang bergetar. Dengan catatan untuk teknik ini gunakan kekuatan ruas buku pada jari dan nada yang ditekan agar tidak berpindah sehingga tidak mengubah suara alunan yang dihasilkan oleh teknik ini.

           untuk lebih jelasnya sudah saya sediakan video contoh teknik vibrato, jika teman-teman ingin mempelajari teknik vibrato ini lebih lanjut bisa mencari referensi lain lewat internet atau langsung les biola. :)
http://www.violinlab.com
                menurut saya video diatas sudah cukup jelas dalam menerangkan apa dan bagaimana teknik vibrato dalam memainkan biola. jika teman-teman kurang jelas, sekali lagi saran saya supaya mencari referensi yang lebih atau bahkan les biola secara langsung. Semoga bermanfaat... :)

Comments

Popular Posts