JADI VIOLINIST HANDAL

(Idris Sardi )
Oke teman, kali ini saya akan berbagi mengenai bagaimana menjadi violinist yang handal seperti Idris Sardi, Maylaffayza dll  :) . Pernyataan yang akan saya sampaikan berikut ini diambil dari berbagi sumber sekaligus pendapat pribadi dari saya sendiri berdasar pengamatan. Apabila ada yang ingin menambahkan silahkan berikan saran untuk menambah wawasan saya sendiri sekaligus pembaca yang lain.
              
  Nah, untuk menjadi violinist yang handal paling tidak kita harus melakukan dua hal berikut ini :

     1.       Membaca teknik pada musik
Penglihatan membaca adalah ketrampilan atau teknik untuk melihat musik kita, yang mampu mengenali dan membaca setiap catatan langsung kemudian menemukan dan mencatat pada instrumen dengan kecepatan dan kemudahan.
Jika kita telah mengembangkan keahlian membaca dari waktu ke waktu maka kita kan melakukan hal yang sedemikian itu sebagai respon yang otomatis. Seorang musisi yang baik dapat melakukan hal yang sama sementara membaca treble clef dengan biola dibawah dagu mereka.

     2.       Fokus
Dari beberapa referensi yang saya dapatkan merekomendasikan untuk menghabiskan beberapa waktu tanpa instrumen dan fokus sepenuhnya pada pengakuan catatan. Karena jika kita tidak dapat mengenali catatan dengan cepat maka kita tidak akan bisa bermain dengan cepat dan baik. Beberapa sumber menyatakan untuk membeli atau membuat flashcard dengan catatan dibagian depan dan jawaban di belakang.
Pada dasarnya biola adalah alat musik yang sangat indah jika dimainkan, alat musik ini akan indah didengar pada melodi yang sangat lamban. Kebanyaan orang yang mendengarkan alunan musik ini akan merasa tenang dan nyaman. Maka belajarlah fokus pada gesekan senar, biasanya pemula yang baru memulai memegang biola dan menggeseknya pertama kali pasti tangan dan jari tangan kita terasa sangat kaku, untuk itu fokuskan senar, karena hal itu akan melenturkan serta melatih gerak tangan untuk memegang biola. Jika sudah memiliki niat yang kuat untuk belajar biola, maka anda sudah memenuhi kriteria sebagai pemain biola. Semakin besar niat kita, biasanya semakin besar juga usaha yang kita lakukan untuk belajar. Usahakan belajar dan berlatih setiap hari dan setiap saat. Anggap bermain biola adalah kebutuhan pokok yang harus dipenuhi setiap jam.
Seringkali musisi otodidak melewati pelajaran dalam membaca not balok dan interval,  mereka lebih sering berlatih fingering dan sinkronisasi supaya bisa bermain dengan cepat dan dikagumi. Padahal dengan cara itu mereka tidak akan bisa berkembang jika tidak memahami dasar-dasar bermain biola.
Ketika kita sudah terbiasa bermain biola, kita telah mengerti cara membaca partitur, fingering yang cepat, dan berbagai teknik menggesek biola. Setelah itu baru kita bisa dengan cepat teknik-teknik baru dalam bermain biola, dan disaat seperti itu bakat kita akan terlihat dan terlatih. Jika seorang pemula memiliki banyak kegiatan, maka ia tidak perlu belajar setiap hari hanya saja pelatihannya dilakukan terus menerus dan konsisten. Jika hari ini tidak ada kesempatan maka gunakanlah hari esok, jika esok pun tak bisa maka lakukan esok lusa. Kuncinya adalah memupuk rasa “cinta” pada biola.
Bagi pemula mungkin agak sedikit canggung dan sulit untuk menghasilkan nada-nada indah dari biola namun sekali lagi, jika kita sering berlatih tentu kita akan bisa. Pada awal menggesek senar pastinya tidak akan sehalus para pemain biola senior. Tentunya ada proses pembelajaran dari hari ke hari, yang bertujuan untuk mengasah kemampuan dasar dan mengenali gesekan pada awal belajar biola. Pada awalnya pergelangan tangan kita masih akan terasa kaku dalam memainkannya. Untuk mengefektifkan pembelajaran ini sangat disarankan untuk melatih kelenturan pergelangan tangan. Latihan kelenturan pergelangan tangan ini pasti akan sangat berguna dalam proses pembelajaran.

Oke kawan! Sekiranya itu sedikit tips untuk menjadi violinist.. semoga bermanfaat.. J

Comments

  1. makasih info nya om,tapi saya mau tanya ni kalo batu roisin/hars nya jatoh/pecah masih bisa di gunakan untuk digesekkan ke bow atau ga?makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf baru bisa balas.
      sepengetahuan saya sejak mulai belajar dulu, tidak masalah jika rosin pecah, yg jelas selama diperkirakan "pecahan" Masih BISA digosokkan ke rambut bow. Masih tetap bisa dipakai. trmksh.

      Delete
  2. Saya suka biola dan saya ingin jadi violis. Terima kasih atas infonya, ya

    ReplyDelete
  3. oke semangat !
    maaf baru bisa balas. sibuk urusan kuliah :) kita bisa sharing lewat akun sosmed saya di @YasiDewi untuk twitter.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts