STACCATO and SPICCATO

               Oke teman-teman, saatnya kita belajar teknik bermain biola... kali ini tentang teknik staccato dan spiccato. Simak baik baik ya! 
           Staccato adalah salah satu teknik bermain biola dengan cepat. Teknik ini dimainkan dengan cara memantul-mantukkan ujung bawah busur biola pada senar dengan kecepatan yang tinggi, serta dilakukan dengan permainan jari yang cepat. Sedangkan teknik spiccato adalah teknik yang hampir sama dengan teknik staccato, letak perbedaannya hanya pada kecepatannya saja. teknik spiccato dimainkan dalam kecepatan sedang.
             Teknik ini dimainkan dengan cara menggesek ujung bawah biola atau ujung atas biola. Dengan cara memantul-mantulkan hair bow ke senar kemudian jika melihat ke tangan kanan, busur seakan akan melengkung atau membentuk huruf U. Bagi pemain yang sudah mahir, teknik ini biasanya dimainkan pada tengah-tengah busur.
         Seperti yang sudah saya katakan, saya akan berbagi video tentang beberapa teknik bermain biola antara lain staccato dan spiccato. Nah, berikut ini adalah contoh teknik Staccato dan Spiccato. Semoga bermanfaat.

http://www.violinlab.com

Comments

Popular Posts